Wakil Bupati Rejang Lebong, Bengkulu Minta Pemuda Jadi Pelopor Bukan Pengekor

31 views
Pengurus Karang Taruna Rejang Lebong bersama Wakil Bupati usai pembukaan Bimtek.

FAKTA – Wakil Bupati Rejang Lebong Hendra Wahyudiansyah, membuka secara resmi kegiatan Bimbingan Teknis (Bimtek) Peningkatan Kapasitas Sumber Daya Manusia (SDM) Pengurus Karang Taruna Kabupaten Rejang Lebong berlangsung selama tiga hari  dipusatkan di Hotel Syakila.

Kegiatan Bimtek ini mengusung tema “Mewujudkan Pilar-Pilar Sosial Pengurus Karang Taruna Kabupaten Rejang Lebong Yang Mandiri dan Berintegritas Untuk Kesejahteraan Sosial.”

Pembukaan dihadiri Wakil Ketua I DPRD Kabupaten Rejang Lebong yang dalam hal ini sebagai Ketua Majelis Pertimbangan Karang Taruna Kabupaten Rejang Lebong Surya,ST.,MM, Ketua Pengurus Karang Taruna Rejang Lebong Heryantoni,S.Sos.

Kepala Dinas Sosial Rejang Lebong Gusti Maria,SH.,MM, Kepala Dinas Sosial Provinsi Bengkulu Dr. H. Iskandar ZO, Kepala Dinas Ketenagakerjaan dan Transmigrasi Rejang Lebong Syamsir, dan perwakilan OPD (Organisasi Perangkat Daerah) yang berkesempatan hadir, serta seluruh peserta pengurus Karang Taruna Kabupaten Rejang Lebong.

Wakil Bupati Hendra Wahyudiansyah, mengatakan, kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan kapasitas Pengurus Karang Taruna dalam pelaksanaan kegiatan sosial di masyarakat agar mencapai hasil yang optimal.

“Pemuda menjadi tonggak kokohnya Republik Indonesia sehingga pemuda Indonesia khususnya di Kabupaten Rejang Lebong. Kita harus menjadi Pemuda yang pelopor bukan pengekor,” kata Wabup Hendra dengan semangat motivasinya.

Putra Kandung H. Ahmad Hijazi ini berharap, kedepan generasi muda Kabupaten Rejang Lebong berani dan bisa mengambil bagian dalam pembangunan baik ditingkat Kabupaten Rejang Lebong, Provinsi Bengkulu maupun tingkat nasional.

“Jadi, jangan hanya sekedar untuk ikut-ikutan saja, namun harus ada ilmu yang didapatkan dan bisa diterapkan dari semua bidang sektor Organisasi Kepemudaan atau Karang Taruna yang kita ikuti ini,” kata Hendra.

Selaku penyelenggara kegiatan, Kepala Dinas sosial Rejang Lebong Gusti Maria,SH,l.,MM mengatakan, sebanyak 70 (tujuh puluh) orang pengurus Karang Taruna Kabupaten Rejang Lebong yang mengikuti bimbingan ini selama 3 hari yaitu 2 hari full day dan 1 hari Outbound.

“Acara ini mengundang Narasumber dari berbagai background meliputi, Akademisi (Dosen), Praktisi-Praktisi Ahli dibidangnya dan Direktorat Pemberdayaan Masyarakat Bidang Karang Taruna,” ujar Gusti Maria.

Disisi lain  Ketua Majelis Pertimbangan Karang Taruna Kabupaten Rejang Lebong Surya,ST.,MM, menuturkan, peserta bimtek harus bisa menggali potensi diri, berkreasi dan berinovasi.

“Semoga peserta Bimtek dapat bersungguh-sungguh mengikuti kegiatan ini. Pasalnya banyak Ilmu, pengalaman relasi yang akan didapatkan pada kesempatan ini,” tuturnya.

“Jadilah Kader yang mampu menjadi agen perubahan dan memberikan kontribusi untuk masyarakat Kabupaten Rejang Lebong,” pesan Surya kepada peserta bimtek.

Terpisah, Ketua Pengurus Karang Taruna Rejang Lebong Heryantoni,S.Sos, mengucapkan terimakasih kepada Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Rejang Lebong dalam hal ini melalui Dinas Sosial Kabupaten Rejang Lebong yang telah behasil menyelenggarakan kegiatan ini,” kata Heryantoni. (iju)