Semarak Gelaran “KIRAB BUDAYA MOJOBANGKIT”

59 views
Salah satu peserta Kirab Budaya Mojo Bangkit.

Majalahfakta.id – Seakan menjadi puncak kegiatan Hari Jadi Kota Mojokerto ke 104. Gelaran yang diselenggarakan oleh Pemerintah Kota Mojokerto pada sabtu 25 Juni di Lapangan Raden Wijaya Surodinawan ini cukup menyedot perhatian warga kota  disepanjang rute yang dilalui, mulai dari Jl. Raya Surodinawan- Jl.Tribuana Tungga Dewi- Jl. Brawijaya- Jl. Hayam Wuruk hingga berakhir di di Pendopo Sabha Kridatama. Rumah Rakyat.

Wali Kota Mojokerto Ning Ita bersama Supriadi KS

Kirab Budaya Mojo Bangkit sebagai satu rangkaian kegiatan Hari Jadi Kota dibuka langsung oleh Walikota Ika Puspitasari, didampingi oleh Sekdakot, Muspida Kota Mojokerto, dan semua jajaran OPD Kota Mojokerto. Turut hadir juga Ketua DPRD Kota Mojokerto

Dalam sambutannya Walikota yang akrab dipanggil Ning Ita ini mengatakan jika rangkaian kegiatan sengaja digelar untuk menyambut Hari Jadi Kota Mojokerto ke 104 yang sempat tertunda  2 tahun karena pandemi.

“Selama dua tahun kita semua menghadapi pandemi Covid-19 dan saat perayaan Hari Jadi, yang penuh kemeriahan seperti ini yang kita nantikan bersama sama.Berbagai kegiatan seni dan budaya, festival kuliner, serta kegiatan keagamaan bersholawat”, ucap Ning Ita.

Lebih lanjut Ning Ita mengajak seluruh warga kota Mojokerto dan sekitarnya untuk datang, menyaksikan langsung serta ikut menyemarakkan Kirab Budaya Mojo Bangkit.

“Ajak seluruh keluarga, kita semarak kan bersama rangkaian Hari Jadi ke 104 Kota Mojokerto” ujar Ning Ita

Usai memberikan sambutan, Walikota dengan didampingi suami disambut dengan Tari Remo dan Tari Kolosal Mojopahit, menaiki Kereta Hias, diikuti dibelakangnya para peserta Kirab Budaya untuk memulai arak arakan berjalan sesuai rute yang telah ditentukan.

Kirab Budaya Mojobangkit ini sebagai ilustrasi bangkitnya masyarakat kota Mojokerto baik secara fisik dan nonfisik, bangkit membangun jiwanya, bangkit membangun budayanya dan bangkit membangun tata kehidupannya, berdasarkan jargon “Spirit Of Mojopahit”, jelas Mudjoko Kabid Kebudayaan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Mojokerto.

Kirab Mojobangkit juga menyuguhkan berbagai macam seni budaya yakni karawitan, tari tarian tradisional, barongsai, bantengan, reog hingga gunungan serabi dan onde onde. (ang)