PT ASDP Pelabuhan Ujung Kamal Tetap Berikan Pelayanan Terbaik

1.600 views
PT ASDP meningkatkan pelayanan terbaik untuk masyarakat yang mengunakan jasa penyeberangan.

FAKTA – PT ASDP Indonesia Ferry (Persero) Cabang Surabaya sebagai penyedia jasa layanan sampai saat ini dan penurunan jumlah penumpang secara signifikan. Semenjak adanya jembatan Suramadu tahun 2009.

Dengan sistem penerapan berbayar lebih membuat masyarakat memilih jembatan jika hendak berpergian dari Surabaya ke Madura atau sebaliknya. Mungkin karen alasan lebih cepat tanpa antrian menunggu kapal atau alasan lainya.

Fenomena ini semakin meningkat di tahun 2018 sejak digratiskan bagi para penggendara yang melintas.

Rabu (23/11/2022) melalui perbincangan telepon dengan Eva Mardiany, selaku General Manager PT.ASDP Cabang Surabaya akhirnya berdampak menurunnya jumlah kapal yang beroperasi dari 32 armada kapal kini tingal  3 armada kapal. Dua milik PT ASDP dan satu kapal milik PT Dharma Lautan dan jam operasional yang dulu 24 jam sekarang hanya pukul 07.00 WIB sampai 19.00 WIB.

Dengan segala perubahan pola masyarakat saat ini pengelola penyeberangan Ujung Kamal  yang dikelola PT ASDP Surabaya tetap bertahan di situasi yang sangat sulit tanpa adanya bantuan dari pemerintah daerah, pusat atau Dinas Perhubungan dimana saat ini harus menanggung segala biaya beban operasional yang begitu besar, belum lagi dengan kenaikan harga BBM.

Dalam segala kondisi tersebut tidak menyurutkan semangat  PT ASDP Surabaya dalam memberikan pelayanan terbaik karena ini adalah salah satu standart perusahaan BUMN. Pelabuhan Ujung Kamal adalah pelabuhan yang sifatnya adalah lintasan pelabuhan penyeberangan komersial bagi semua masyarakat penguna jasa penyeberangan Surabaya ke Madura atau sebaliknya yang tarifnya sejak tahun 2008 belum terjadi kenaikan tarif.

Demi  meningkatkan pelayanan terbaik untuk masyarakat yang mengunakan jasa penyeberangan  jika ada kendala dapat ditanyakan di pelabuhan atau melalui 191 (nomot hotline PT ASDP Surabaya) dan semenjak 2020 system e-ticketing sudah diperlakukan PT ASDP Surabaya.

Kiranya kedepan besar harapan dari management PT ASDP Surabaya kepada direksi ASDP pusat dan pemerintah daerah ataupun pusat untuk bisa membantu memikirkan dan mengembangkan bersama. “Supaya penyeberangan Ujung Kamal bisa menjadi pilihan lagi bagi  masyarakat dan dinikmati bersama selamanya,” ujar Eva Mardiany.  (aya)