Kuasa Hukum Terdakwa Pertanyakan Terkait Atasan AKBP Delizon Tidak Pernah Dihadirkan di Sidang

47 views

FAKTA – Kuasa Hukum terdakwa AKBP Delizon, Anwarsah. SH mempertanyakan kepada Majelis Hakim Tindak Pidana Korupsi (Tipikor) Kota Palembang, yang diketuai Mangapul Tarigan.

“Kenapa tidak pernah dihadirkan yang diduga ikut menikmati uang hasil gratifikasi dari Kepala Dinas PUPR Muba, Herman Mayori. Tentu dalam masalah ini, membuat klien kami menjadi geram, “ ujarnya

Karena sebanyak empat kali dalam persidangan, kliennya menyebutkan, bahwa oknum atasannya juga ikut menikmati yang diduga uang gratifikasi, bahkan oknum mantan Direskrimum Polda Sumatera Selatan Kombes Pol Anton Setiawan diduga telah menerima bagian uang gratifikasi Kepala Dinas PUPR Muba Herman Mayori.

Jumlahnya yakni Rp10 miliar dan sebagian diduga diberikan kepada Anton Setiawan sebesar Rp4,75 miliar.

Hal tersebut diungkapkan pada sidang Rabu 10 agustus 2022. Dan Kuasa Hukum Delizon, sangat menyayangkan Majelis Hakim Tiikor yang mempersilahkan agar Jaksa Penuntut Umum (JPU) dari Kejaksaan Agung untuk membacakan Berita Acara Pemeriksaan (BAP)  kedua saksi yang tidak dihadirkan dalam peridangan

Sementara keterangan kedua saksi sangat dibutuhkan, karena mereka diduga ikut terlibat dan sudah empat kali persidangan tidak pernah dihadirkan. Sebetulnya Majelis Hakim dapat memanggil secara paksa, bukan BAP hanya dibacakan, dengan alasan pada waktu itu.

Dengan dibacakan BAP, sidang dilanjutkan dengan mendengarkan keterangan saksi ahli, sedangkan, ujar Arwansah, SH sebetulnya dalam kasus ini sedari awal bergulir, kliennya merasa menjadi tumbal atas laporan ini, karena mereka tidak pernah dihadirkan.

Sementara itu, Jaksa Penuntut Umum,(JPU) dari Kejaksaan Agung saat dikonfirmasi seusai sidang awak media enggan memberikan keterangan, terkait tidak pernah dihadirkan, kedua saksi yang disebutkan Kuasa Hukum Delizon. “No coment. Silahkan ke Kasi Penkum, “ ujarnya meninggalkan awak media. (ito/hai)