Hankam  

Empat Sasaran Infrastruktur di TMMD Sengkuyung, Brebes Usai Dirampungkan

65 views
Tampak para teknisi bangunan Kodim Brebes bersama warga setempat sedang merampungkan talud sekaligus saluran drainase.

FAKTA – Sepekan pasca dibukanya operasi bakti TNI Kodim 0713 Brebes yaitu TMMD Sengkuyung tahap II di Desa Cilibur, Kecamatan Paguyangan, Kabupaten Brebes, Jawa Tengah oleh Bupati Brebes Hj. Idza Priyanti (26/7/2022), sejumlah sarana penunjang infrastruktur jalan sudah menampakkan hasilnya.

Tampak para teknisi bangunan Kodim Brebes bersama warga setempat sedang merampungkan talud sekaligus saluran drainase. Selasa (2/8/2022).

Disampaikan Peltu Maulana Rushan selaku ketua tim teknisi bangunan Kodim Brebes, bahwa setiap hari ada sekitar 50 orang yang merupakan tenaga perkuatan dari Polsek, Pemda, Linmas, dan warga setempat.

“Sejak pra TMMD pada pertengahan Juli 2022 lalu, pekerjaan pendahuluan adalah pembuatan jembatan jembatan  4×4 meter, kemudian talud 130 meter dengan tinggi 0,75-4 meter, drainase 84×0,9 meter, dan plat duicker 1×7 meter,” bebernya.

Lanjut Maulana, semua sarana yang dibangun itu bertujuan untuk menguatkan dan mengawetkan badan jalan makadam yang akan segera digarap dengan panjang 1.015 meter lebar 3 meter, yang merupakan akses untuk mempermudah kegiatan perekonomian dan juga pertanian warga antar dusun dan desa.

Kemudian untuk sasaran fisik tambahan yang nantinya akan dikerjakan di TMMD 30 hari itu yakni rehab RTLH (Rumah Tidak Layak Huni) sebanyak 5 unit.

“Sementara untuk berbagai kegiatan non fisik TMMD yang telah dilakukan seperti sosialisasi bencana alam dari pihak BPBD kabupaten,” tandasnya.

Maulana menambahkan, dengan progres tersebut maka dirinya yakin seluruh sasaran fisik dan non fisik akan selesai tepat waktu sebelum 24 Agustus 2022 atau penutupan TMMD.

“Jadi pemilihan lokasi TMMD juga mempertimbangkan antusiasme masyarakat setempat untuk memajukan desanya, karena tujuan hakiki TMMD adalah menyuburkan dan memelihara semangat gotong royong dari seluruh komponen yang ada di wilayah,” pungkasnya. (dun)