Diduga Terjerat Korupsi, Mantan Pejabat Teras BUMD Sumsel Ditangkap Polisi

290 views
Seorang mantan pejabat BUMD Sumsel ditangkap polisi diduga terkait kasus korupsi.

FAKTA – Satu lagi mantan pejabat teras Badan Usaha Milik Daerah(BUMD) Provinsi Sumatera Selatan, Augie Buyamin. Ia juga mantan Direktur Hotel Swarna Dwipa diduga terlibat kasus korupsi renovasi hotel, salah satu BUMD milik Pemprov. Ditetapkan sebagai tersangka oleh Polda Sumsel.

Menurut Kabid Humas, Kombes Pol Supriyadi, membenarkan pihak Polda telah menangkap mantan Direktur Hotel Swarna dwipa. Namun ia tidak bisa merincinya, karena masih dalam pemeriksaan oleh subdit Tipikor Ditreskrimum Polda Sumsel.

Pihak penyidik telah melakukan penahanan kepada tersangka. “Untuk secara resminya nanti tunggu keterangan dari Ditreskrimum Polda Sumsel,” ujar Supriyadi, Rabu (3/8/2022).

Perlu diketahui, sampai saat ini Hotel Swarna Dwipa salah satu Badan Usaha milik Pemerintah Propinsi Sumsel, belum dapat memberikan keuntungan. Didalam rapat dan hasil rapat dengan Bapenda beberapa waktu lalu, Hotel Swarna Dwipa belum bisa memberikan keuntungan bagi Kas Pemprov.

“Lantaran pendapatan yang didapat, untuk membayar beban hutang dan kami memakluminya. Namun kita tetap mengupayakan agar operasional hotel bisa lebih berinovasi dan kreatif,  untuk mencari pendapatan lain agar dapat memberikan keuntungan Pemprov, “ ujar Sekda Sumsel, Suman Asra Sugiono, setelah selesai mengelar rapat di kantor Bapenda Sumsel beberapa waktu lalu didampingi, dra.Neng Muhaiba.MM.

Selanjutnya disampaikan Sekda, karena Hotel Dwarna Dwipa belum memberikan pemasukan ke Kas Pemprov, bukannya manajemen merugi, tetapi uang yang didapat dari operasional Hotel, baik itu dari tamu hotel, sewa gedung hotel, serta bisnis lainnya, hanya mampu untuk menutupi beban hutang hotel yang sudah ada sebelumnya.

Apalagi dengan adanya pandemi, maka nya kami memakluminya dan selanjut nya kita dorong Management untuk lebih kreatip, kata Sugiona , tanpa merinci hutang Hotel Swarna Dwipa. Setelah pimpinan sebelumnya, Augie Buyamin, kala itu termasuk beban hutang untuk Renovasi dan lainnya, doa kan saja semoga Hotel Swarna Dwipa dapat memberikan keuntungan dimasa akan datang.

Augie Buyamin, merupakan toko penting di Sumatera Selatan, dan beberapa jabatan Strategis di jabatnya, Mantan Derektur Hotel Swarna Dwipa, Derektur Sepak Bola Sriwijaya FC, Ketua Motor Besar Club Indonesia((MBCI)pada tahun 2016/19.

Selain jabatan teknis, Sebelum hijrah ke Kabupaten Muba, ia juga dikenal dekat dengan mantan Gubernur Sumsel, Alex Noerdin dan anaknya  Reza Dody Alex Noerdin. Dan setelah lengsernya, Alex Noerdin , ia hijrah ke Muba dan menjabat sebagai Derektur PT.Muba Ekektronik Power(MEP). Kabar ditangkapnya, augie Buyamin, oleh Subdit Tipikor Polda Sumsel mengejutkan semua pihak. (ito/ hai)