Bawaslu Bone Ajak Empat PT Ikut Kompetisi Debat Penegakan Hukum Pemilu se-Indonesia

180 views

Majalahfakta.id – Dalam memperkaya gagasan-gagasan mengenai penegakan hukum Pemilu, Bawaslu R.I berinisiatif menyelenggarakan Kompetisi Debat Penegakan Hukum Pemilu Antar Perguruan Tinggi (PT) se-Indonesia ke-II Tahun 2022.

Dengan tema “Keadilan Pemilu dan Pemilihan Serentak Tahun 2024″.

Peserta Kompetisi Debat ini adalah regu mahasiswa S1 yang masih aktif mewakili tiap Perguruan Tinggi yang berasal dari Fakultas Hukum/Fakultas Syariah dan/atau Fakultas Ilmu Sosial dan Politik yang terakreditasi oleh BAN PT.

Berkenaan dengan itu, Ketua dan Pimpinan Bawaslu Kabupaten Bone, mendatangi empat Perguruan Tinggi yang berada di wilayah Kabupaten Bone untuk turut serta dalam
Kompetisi Debat tersebut.

Dengan tujuan Mahasiswa dari Perguruan Tinggi Kabupaten Bone mampu mensosialisasikan peran Bawaslu dalam Penyelenggaraan
Pemilihan Umum maupun Pemilihan, Meningkatkan pemahaman mahasiswa mengenai Kepemiluan dan Penegakan Hukum Pemilu, dan Mendorong adanya diskursus mengenai konsep Penegakan Hukum Pemilu yang ideal.

Lima Komisioner Bawaslu Kabupaten Bone juga mengharapkan Mahasiswa dari Perguruan Tinggi Kabupaten Bone berpatisipasi dalam menghimpun gagasan-gagasan
baru mengenai penegakan hukum Pemilu dan Pemilihan terkait Permasalahan-permasalahan yang akan berpotensi kembali terjadi pada penyelenggaraan Pemilu dan Pemilihan Serentak pada Tahun 2024 mendatang.

Adapun 4 Perguruan Tinggi yang diundang dan diharapkan dapat mewakili Kabupaten Bone dalam Debat Nasional tersebut adalah IAIN Bone, Universitas Muhammadiyah Bone, STIH Pengayoman Watampone, dan STAI AlGazali Bone.

Kegiatan Kompetisi Debat Penegakan Hukum Pemilu Antar Perguruan Tinggi se-Indonesia ke-II Tahun 2022 dilaksanakan melalui dua tahapan.

Terdiri dari Tahapan Eliminasi dan Tahapan Nasional. Pendaftaran dan Tahap Eliminasi Kompetisi Debat Penegakan Hukum Pemilu Antar Perguruan Tinggi se-Indonesia ke-II Tahun 2022 akan dilaksanakan pada periode 24 – 31 Januari 2022.

Adapun informasi lengkap terkait
Debat Penegakan Hukum Pemilu Antar Perguruan Tinggi Se-Indonesia ke-II Tahun 2022 dapat Mengunjungi portal Badan Pengawas Pemilu. (stn/ren)