Baru Dilantik, Pengurus YKI Badung Ajak Masyarakat Berperilaku Hidup Bersih dan Sehat

1.663 views
Ny. Seniasih Giri Prasta kembali terpilih dan dilantik sebagai Ketua YKI Cabang Badung bersama 34 pengurus untuk periode 2021-2026.

FAKTA – Nyonya Seniasih Giri Prasta kembali terpilih dan dilantik sebagai Ketua Yayasan Kanker Indonesia (YKI) Cabang Badung diikuti Ny. Kristiani Suiasa dan Ny. Rasniathi Adi Arnawa serta 32 orang lainnya sebagai pengurus YKI periode 2021-2026, Selasa (6/9/2022) di Ruang Kriya Gosana Puspem Badung.

Pelantikkan pengurus YKI yang ditandai dengan penyematan Pin secara simbolis oleh Ketua YKI Provinsi Bali ini turut dihadiri Bupati Badung yang diwakili oleh Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Badung dr. Made Padma Puspita dan Ketua YKI Provinsi Bali A.A. Ayu Ngurah Susraini.

Dalam sambutan tertulisnya, Bupati Badung yang dibacakan Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Badung dr. Made Padma Puspita mengatakan bahwa permasalahan penanganan kanker telah mendapat perhatian berbagai dari kalangan medis dan para penggiat penyakit kanker yang ada di Bali.

Kondisi ini sejalan dengan dengan misi pemerintah daerah untuk mewujudkan masyarakat Badung yang sehat. Bagi Pemerintah Kabupaten Badung sektor kesehatan merupakan salah satu sektor strategis dalam menunjang pelaksanaan pembangunan daerah, jika masyarakat sehat akan menjadi insan yang produktif, kreatif dan penuh dengan inovasi.

Oleh karena itu terkait penanganan penyakit kanker Pemerintah Kabupaten Badung selama ini telah membangun sinergi dan kemitraan dengan YKI Cabang Badung untuk membantu sepenuhnya masyarakat dalam mensosialisasikan terhadap bahayanya penyakit kanker.

“Saya mengucapkan selamat kepada pengurus YKI Cabang Badung yang baru saja dilantik dalam masa bakti 2021-2026 dan tidak lupa kami memberikan apresiasi dan penghargaan yang setinggi-tingginya terhadap segala upaya dan kerja keras yang telah dilakukan oleh YKI Badung dalam upaya untuk menggugah dan mengajak masyarakat Badung untuk berperilaku hidup bersih dan sehat,” pungkasnya.

Sementara Ketua YKI Provinsi Bali, A.A. Ayu Ngurah Susraini dalam sambutannya menyampaikan tugas YKI dalam bidang promotif adalah melakukan penyuluhan dan pendidikan, sasarannya yaitu masyarakat umum dengan tujuan untuk meningkatkan pengetahuan kesadaran masyarakat terhadap penyakit kanker dan untuk menjalankan pola hidup sehat.

Untuk bidang preventif atau pencegahan terhadap penyakit kanker dapat dilakukan dengan kegiatan sosial kepada masyarakat salah satunya adalah melakukan pemeriksaan deteksi dini kanker servik dan payudara, retinoblastoma dan konsultasi dengan ahli tumor.

Lebih lanjut dikatakan, di bidang suportif YKI dapat memberikan dukungan berupa pelatihan penyuluhan tentang deteksi dini kanker terutama kanker serviks dan payudara. “Saya berharap agar segenap pengurus YKI Badung yang baru dilantik untuk segera melaksanakan tugas dan menggunakan potensi yang ada. Meski itu tugas yang tidak ringan, mari kita berdedikasi tinggi, profesional dan penuh semangat untuk melindungi masyarakat dari permasalahan kanker khususnya masyarakat Kabupaten Badung,” ucapnya. (hms)